Tips Membuat Landing Page

Apakah kamu pernah dengan istilah dan pengertian Landing Page? Apa itu Landing Page? Lantas apa bedanya dengan Website? Di zaman digital ini, Anda tetntu sudah tidak asing lagi dengan istilah landing page. Nah, Kita akan bahas lebih lengkap tentang pengertian landing Page, dan  tips membuat landing page yang bisa Anda gunakan untuk refrensi.

Sebelum melangkah labih jauh, yukkk kita bahas tuntas apa itu landing page, biar makin paham tentang landing page.

Apa itu Landing Page?
Umumnya, Landing Page adalah halaman yang dirancang khusus untuk mengarahkan user ke arah yang dinginkan secara spesifik. Perbedaan website dan landing page ada di fungsi utamanya. Misalnya landing pade hanya khusus  produk atau laman penawaran. Artinay dalam laman tersebut, hanya memberikan detail produk, harga, fitur produk, dan penawaran pada satu produk saja. Jadi bisa disimpulkan landing page yaitu sebuah halaman khusus yang menjadi tujuan user dan berisi informasi lebih detail dan spesifik tentang produk, service, penawaran, dll. Sehingga bisa disimpulkan jika landing page merupakan laman yang dikhususkan untuk mindset marketing.

Apasih perbedaan antara landing page dan website?

Terus apa sih perbedaan antara landing page dan website?

Nah, seperti penjelasan tadi, perbedaannya adalah di fungsinya. Jika di analogikan, landing page dan website adalah sebuah acara pameran. Nah, website adalah acara pameran secara umum atau keseluruhan. Sedangkan landing page merupakan bagian dari pameran tapi memiliki tempat khusus atau stand khusus dan tentunya yang dipamerkan spesifik atau jelas pada topik atau penawaran tertentu. Mulai paham, kan?

Jadi hubungan antara website dan landing page bisa di simpulkan bahwa website merupakan laman keseluruhan yang ada (halaman secara keseluruhan). Sedangkan landing page merupakan bagian dari website namun landing page merupakan laman khusus yang umunya hanya memiliki satu fungsi yang spesifik.

Tips membuat Landing Page

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin membuat landing page yang baik dan dapat menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan konversi pada website milik Anda. Tentu tujuan dari sebuah landing page adalah untuk menkonversikan penjualan, atau tujuan yang Anda inginkan. Goals dari landing page yang baik adalah agar pengunjung website Anda segera bertindak sesuai yang Anda inginkan.

Berikut ini adlaah beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan untuk meningatkan konversi penjualan pada landing paga Anda.

Tips yang pertama yaitu,

  • Buatlah Headline Yang Menarik

Seperti Anda dapat menemukannya di majalah atau Koran, di halaman depan pasti terdapat atau tersaji sebuah tulisan dengan ukuran font yang besar untuk menarik perhatian agar membacanya, itu adalah headline. Dengan kata lain headline sederhanaya adalah title / judul yang berisikan benang merah yang mewakili isi dari konten agar menarik perhatian pembacanya. Penerapan headline yang baik dalam landing page tidak mesti dilakukan dengan apa yang ada di majalah, yaitu menggunakan font yang besar tetapi konsep headline yang ada di majalah – majalah, Koran sama seperti landing page yang ingin kita buat. Buatlah headline yang singkat, to the point, dan usahakan memakai kalimat / kata-kata yang catchy.

Kemudian yang kedua,

  • Gunakan gambar / foto / video

Landing page yang menarik biasanya didesain dengan tampilan yang tegas, mood, dll. penggunaan gambar yang pas bisa menjadi poin plus landing page milik kita untuk menarik perhatian pengunjung agar membuat keputusan. Penggunaan video juga bisa dilakukan, karena menurut survey juga penguunaan video dalam landing page bisa meningkatkan konversi 86%.

Tahap yang ketiga,

  • Deskripsi

Pengunjung akan kebingungan terkait produk atau penawaran yang diberikan bila tidak terdapat deskripsi yang detail namun ringkas. Biasanya deskripsi yang bagus berisi mengenai kelebihan produk/penawaran, kekurangan perbandingan dengan produk milik platform lain.

Yang keempat,

  • Jelaskan manfaat dari penawaran / produk

Menjelaskan manfaat dari penawaran / produk dari website milik teman – teman bisa menambah kepercayaan untuk pengunjung. Jelaskan per poin – poin saja menggunakan bullets, tidak perlu mendeskripsikan panjang lebar menggunakan kata yang kompleks.

Yang kelima ini sangat penting, yaitu

  • Tombol call-to-action (CTA)

Penggunaan tombol CTA sebenarnya disesuaikan saja dengan apa yang teman – teman tawarkan, yang terpenting pada tombol CTA gunakanlah opsi pilihan yang persuasive atau bersifat mengajak, seperti Beli Sekarang, Daftar Sekarang, Klik disini, Watch Now dll. penggunaan CTA juga disesuaikan dengan desain landing page, usahakan jangan menggunakan warna yang sama, gunakanlah warna yang tegas.

Nah itulah bebrapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan konversi pada landing page yang Anda buat. Tertarik untuk mencoba?

Semoga artikel ini membantu ya! Share jika bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar