Lebih Baik Mana Performa WordPress atau Blogspot ?

Pasti Anda pernah bertanya-tanya, Lebih Baik Mana, WordPress atau Blogspot ? Yes, dalam membuat website Anda bebas memilik antara WordPress atau Blogspot ?

Seiring dengan berkembangnya dunia internet, potensi dan popularitas blogging juga ikut berkembang. Saat ini sudah banyak jenis Blogspot yang bisa Anda temukan di internet seperti fashion and Beauty Blogger, Travel Blogger, Food Blogger, News Blogger, dan masih banyak lagi.

Kemudahan teknologi membuat siapa saja mampu membuat konten dengan website, termasuk Anda. Tapi sering kali banyak diantara mereka bingung lebih baik mana performa WordPress atau Blogspot ? Untuk Anda yang berniat untuk membuat sebuah blog, atau pun website pribadi, Anda pasti pernah mendengar Blogspot dan WordPress. Kedua platform ini menawarkan berbagai desain dan fitur yang mendasar, dan cukup berbeda.

Sebagai seorang yang terjun dalam website, Anda wajib memperhatikan hal yang satu ini, ya, performa website. Performa website sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung website Anda saat mengunjungi website. Pada dasarnya performa website dipengaruhi beberapa faktor, faktor-faktor tersebut merupakan hal yang biasanya diingat baik-baik oleh pengguna. Hal yang menjadi acuan performa sebuah website diukur dengan lamanya waktu yang dibutuhkan sebuah halaman website dalam proses loading.

Ya! kecepatan mengakses dan loading suatu website menjadi acuan seberapa bagus performa suatu website. Sehingga banyak di uaran sana orang yang membuka jasa optmasi website. Tujuannya tidak lain adalah untuk mempercepat speed loading suatu website. Kecepatan loading website sendiri dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah konten gambar. Saat mengunggah gambar yang berukuran terlalu besar, dan tidak dikompres terlebih dahulu, maka hal ini dapat menyebabkan proses loading website menjadi lebih lambat. Selain itu jika provider hosting yang Anda gunakan saat ini menawarkan layanan yang kurang baik, otomatis akan membuat pengalaman pengunjung website Anda menjadi terganggu.

Sebagai refrensi, inilah beberapa perbedaan WordPress vs Blogspot dari segi performa yang wajib Anda ketahui :

WordPress

WordPress memiliki waktu loading yang relatif cukup cepat. Akan tetapi, hal yang dibandingkan disini adalah platform WordPress self-hosted. Maka dari itu, performa dari blog atau website sebagian besar  sangat bergantung pada provider yang dipilih pengguna. Pengguna lebih disarankan untuk memilih jenis provider hosting yang memiliki track record terbaik dalam masalah performa, dengan tujuan agar waktu loading tidak melambat. Namun, agar waktu loading tidak mendatangkan masalah yang besar, semua konten WordPress dan WordPress itu sendiri tetap harus dikelola dan dikontrol oleh pengguna WordPress tersebut. Artinya, Anda bias melakukan optimasi website Anda  dengan mensetting WordPress untuk memaksimalkan kecepatan terbaik.

Pada umumnya, performa yang tinggi dalam pengelolaan dan pengembangan sebuah website memerlukan banyak hal salah satunya adalah fleksibilitas. Dengan contoh, pengguna dapat dengan mudah mengotomatisasi optimasi pada gambar dan mengintegrasi CDN dengan platform yang telah dipilih. Dalam praktiknya, tetaplah dlam performa website diperlukan keterampilan dibalik siapa pengelola website tersebut. Tidak akan ada pemenangnya jika membandingkan antara kedua website WordPress vs Blogspot, karena keduanya memiliki kelebihan di waktu loading masing-masing website. Dengan menggunakan WordPress pengguna selalu dapat mempercepat waktu loading website. Sedangkan dalam penggunaan blogger apa yang didapatkan oleh pengguna sesuai dengan apa yang pengguna lihat di halaman website tersebut.

Blogspot

Karena Blogspot sekarang adalah milik Google, perusahaan ini menawarkan banyak fitur bawaan Google, seperti Adwords, Adsense dan Analytics, sehingga situs ini sangat berguna bagi blogger pemula.

Website berbasis Blogspot tidak terlalu menjadikan performa sebagai perkara yang harus dipermasalahkan, karena Blogspot lebih cenderung menggunakan desain website yang simple. Terlebih lagi platform hosted ini telah didukung oleh Google. Bicara soal performa pada website Blogspot memang tidak dapat terbantahkan. Selama pengalaman sebelumnya pengguna tidak pernah mengeluhkan tentang masalah yang terkait dengan waktu loading website tersebut. Namun perlu diketahui, dengan platform Blogspot banyak keterbatasan dalam fitur yang dibawa. Dalam keleluasaan membuat website, Anda mebih baik menggunakan WordPress dalam membuat website yang professional.

Nah itulah beberapa perbedaan antara WordPress dan Blogspot yang bisa Anda jadikan refrensi dalam menentukan platform untuk membuat website milik Anda. Semoga membantu !

Bagikan

Tinggalkan komentar