Pengertian Hosting Domain : Pemula Terlengkap 2021!

Domain dan hosting bukanlah hal yang asing lagi bagi para milenial yang sudah terjun ke dalam dunia website. Ya, hosting dan domain adalah komponen penting dalam sebuh website yang wajib untuk dimiliki jika ingin membuat website.

Tapi bagi Anda yang masih pemula, Anda tentu masih kebingungan dalam memahami 2 hal tersebut. Kali ini artkel ini akan membahas tuntas tentang hosting dan domian, penasaran? Simak sampai selesai ya!

Hubungan Hosting dan Domain
Untuk memudahkan hubungan dmain dan hosting, bisa di misalkan menggunakan analogi rumah. Layaknya sebuah rumah, Anda tidak dapat mengunjungi suatu tempat tanpa mengetahui lokasinya, bukan? Hosting adalah rumah bagi website (tanah yang dibangun rumah). Sementara itu, domain berfungsi sebagai alamatnya. Jadi dengan domain, pengunjung bisa menghafal lokasi dari rumah Anda. Mualai ada gambaran ?

Jika masih bingung, yuk simak lengkap penjelasan di bawah ini.

Pengertian Domain
Layaknya alamat rumah, domain adalah nama website Anda. Pengunjung perlu mengetikkan nama domain untuk dapat mengakses suatu website. Semakin unik dan mudah nama domain Anda, prngunjung akan lebih mudah mengingat website Anda. Karenanya, memilih nama domain yang tepat sesuai keperluan sangatlah penting.

Asal usul nama domain sebenarnya untuk mempermudah dalam mengingat. Tiap komputer dalam jaringan internet saling terhubung satu dengan lainnya. Sebagai pengenal, tiap komputer menggunakan alamat IP (disebut juga IP address). Alamat ini menunjukkan letak server tempat file website Anda disimpan. Jadi, secara teknis, website Anda tetap dapat diakses menggunakan alamat IP.

Alamat IP berformat deretan angka, misalnya 232.16.xx.xx. Karena fungsi utamanya adalah pengenal antar perangkat, alamat website menggunakan deretan angka cenderung tidak efektif dan sulit diingat pengguna. Belum lagi banyak sekali pengguna dan IP yang telah online dalam internet. Dengan alasan ini, diciptakan sistem penamaan website menggunakan nama domain agar lebih mudah diingat dan tentunya terlihat lebih simpel.

Anda perlu mengetikkan nama domain pada kolom isian URL web browser untuk mengakses website. Contoh nama domain adalah seperti ini.

namadomain.co.id

contohnama.com

webanda.online

contohdomain.website

websiteidaman.xyz

domainmilikanda.id

Banyyak sekali eksistensi somain yang bisa Anda dapatkan seperti .com, .id, .my.id, .online, .org, .online, dan masih banyak lagi. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan Anda dalam memlih nama domain.

Anda dapat memiliki nama domain dengan cara mendaftar melalui perusahaan penyedia layanan domain (domain registrar). Salah satunya Anda bisa mendaftarkan domain pilihan Anda melalui sluhost.com, jika kebinungan dalam memilih, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu dan mengubungi kami. Pasti semakin paham tentang apa itu domain kan ?

Pengertian Hosting
Hosting dapat digambarkan sebagai lahan tempat Anda membangun rumah. Website adalah rumah Anda. Jika hanya berlangganan nama domain, Anda seolah memiliki alamat tanpa rumah. Tentu Anda dapat memberitahukan alamat tersebut kepada siapa saja. Akan tetapi, pengunjung yang mengaksesnya tidak akan melihat apa-apa karena tidak ada rumah di sana.

Hosting memiliki fungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan segala file yang ada pada website. Tntunya dalam website Anda, akan menampilkan teks, gambar, atau bahkan video yang membutuhkan penyimpanan (server) untuk diakses oleh pengunjung.

Hosting memungkinkan website Anda nantinya dapat di akses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Jika diakses oleh penunjung, file-file yang ada di dalam website yang telah disimpan dalam sebuah server Hosting akan ditampilkan. Nah, server Hosting ini tentu saja harus full selama 24 jam. Jika server down, maka website tidak akan bisa diakses.

Untuk itu, pastikan website Anda diletakkan di hosting terbaik dengan garansi 99,9% uptime. Ketika Anda sudah memiliki Hosting, maka nantinya juga akan mendapatkan akses cPanel Hosting. cPanel Hosting mrmunkinka Anda untuk bisa mengontrol panel untuk pengelolaan hosting dan domain seperti membuat subdomain, melakukan hosting web, melakukan domain forwarding, mengelola SSL, membuat email domain, mengatur kapasitas hosting dan sebagainya.

Dengan berlangganan layanan hosting, Anda dapat segera memiliki website idaman Anda, dan segera online 24 jam! Dapatkan banyak pengunjung untuk sukseskan bisnis dan kebutuhan Anda.

Tinggalkan komentar