Pengertian dan Fungsi WHMCS

Web Host Manager Complete Solution atau dipersingkat dengan WHMCS, adalah script yang berupa Billing Management, kegunaannya untuk tempat client menyimpan dan digunakan sebagai auto pilot management ke Web Host Manager (WHM), proses ini dapat diawali pada satu server atau reseller.

Apa Itu WHMCS?

Web Host Manager Complete Solution atau WHMCS ialah program berbasis web yang pertama kalinya diciptakan oleh Matther Pugh, salah seorang yang mempunyai kedudukan besar di WHMCS Ltd. Kegunaan dari piranti software ini sebagai pengelolaan customer, pembayaran atau penagihan.

Tidak itu saja, program ini berperan memberi jalan keluar suport customer untuk perusahaan web hosting atau usaha lain berbasis online. Program ini bisa dipercaya untuk menangani segala hal yang terkait dengan web hosting, seperti registrasi untuk terminasi.

Disamping itu, program ini dapat digunakan selaku penagihan otomatis, provisioning serta manajemen. Banyak beberapa pemakai yang mengakui jika Anda memakai program ini karena itu Anda ada dalam kontrol otomatisasi usaha terhebat.

Mengenali WHMCS

Pemahaman WHMCS tidak terlepas dari pemakaian web hosting, sebuah usaha atau bisa disebutkan selaku layanan service yang sediakan tempat penyimpnana file berbasis online. Web hosting digerakkan memakai koneksi internet dan service lain.

Peranan khusus dari web hosting ialah menyediakan file ke internet, proses service berikut yang memercayakan kamampuan dari program ini. Perusahaan atau penyuplai layanan service webhosting disebutkan dengan webhost.

Keseluruhannya akan detil servis yang diberi web hosting seperti kemampuan, data transfer dan konektifitas disebutkan paket hosting atau hosting rencana. Web Host Manager atau WHM adalah antar muka grafis yang memakai mekanisme web atau program web.

Web atau blog merupakan sebuah situs yang ada di internet, adalah kelompok semua halaman yang dihidangkan dari penyuplai layanan, pribadi atau perusahaan. Disini peranan dari WHM dipakai, yaitu mengurus situs dan account pada suatu server.

Dalam mengurus server ini diperlukan jaringan dan jaringan yang stabil dan kuat, sebab nanti webhost akan tersambung oleh beberapa jaringan, disinilah dipakai program ini atau Web Host Manager Complete Solution.

Nanti program Web Host Manager Complete Solution dapat digunakan untuk semua jenis pengelolaan yang diperlukan oleh beberapa pemakai, seperti registrasi, pembarayan sampai service yang lain sudah ada.

Peranan WHMCS

Ada beberapa jenis peranan yang diberi oleh program ini, semua jenis service yang diberi mempunyai tujuan untuk memudahkan pekerjaan dan pekerjaan usaha web hosting. Di bawah ini fungsi-fungsi program itu.

– Menjadi panel penagihan dan pembayaran.
– Menjadi account customer.
– Selaku wadah jaringan customer dalam minta bantuan teknis.
– Penataan paket hosting dan domain.
– Terhubung dan amankan data dan service customer.

Proses instalasi WHMCS bisa dikerjakan dengan gampang bila Anda awalnya sudah mempunyai cPanel terinstal dibarengi dengan softacoulus. Bila Anda sudah mempunyai ke-2 alat itu, Anda tinggal memencet tombol click seperti lakukan instalasi pada WordPress.

Namun, bila Anda menggunakan service server harus memakai langkah manual sebab tidak dan dapat automatis lakukan instalasi. Di bawah ini langkah-langkah yang perlu dikerjakan dalam langkah manual memasang WHMCS.

– Masuk pada account cPanel punyai Anda, lalu tentukan menu mysql database wizard. Selanjutnya masukan nama database punya Anda, isilah nama pemakai dan password sesuai kemauan Anda.
– Jika dalam proses pengerjaan database SQL telah usai ditangani, selekasnya kembali pada cPanel punya Anda barusan. Kamudian tentukan Filie Manager – Publik_html, bila telah ambil atau unggah file Web Host Manager Complete Solution.
– tahap selanjutnya ialah membuka web Anda, akan tampil monitor peringatan untuk Anda yang mewajibkan untuk memasang Web Host Manager Complete Solution. Anda harus isi nama database, username, password dan e-mail dan license key pada halaman itu.
– Saat Anda buka satu situs dan mendapati perintah meniadakan folder instalasi ada langkah tertentu yang perlu Anda kerjakan. Yaitu, membuka cPanel punya Anda lalu pilihe File Manager, selanjutnya mencari folder Installation lalu hapus folder.
– Harus dipahami jika WHMCS cuman bisa dikerjakan proses instalasi bila Anda telah mempunyai Benar License Key, jika Anda belum mempunyai karena itu dapat didapat dengan lakukan instalasi web host manager complete solution.

Untuk mendapatkan valid license key ini Anda perlu mengontak suport untuk info yang selanjutnya. Lepas dari itu web host manager complete solution mempunyai peranan penting selaku panel yang mendukung usaha hosting.

Demikian artikel pengkajian berkaitan WHMCS. Selaku provider service hosting dan domain terkenal di Indonesia, SluHost.com waktu ini sediakan lisensi WHMCS yang bisa Anda gunakan dengan unlimited client dan remove branding mendukung bermacam keperluan usaha perusahaan Anda.

Mudah-mudahan berguna.

Bagikan

Tinggalkan komentar