Mengapa Landing Page Menguntungkan untuk Marketing?

Secara bahasa, landing page terdiri dari 2 kata, yaitu landing dan page. Landing dalam bahasa inggris adalah bagian terakhir dari suatu penerbangan, di mana suatu penerbangan pesawat terbang kembali ke landasan. Pesawat terbang pada umumnya mendarat di suatu bandar udara diatas landasan pacu atau helikopter yang mendarat di helipad. Sedangkan page adalah halaman website, yang artinya landing page adalah halaman pendaratan untuk pengunjung website Anda.

Berbeda dengan website pada tampilan home, landing page memiliki fungsi yang lebih spesifik lagi. Biasany landing page digunakan untuk memberikan penawaran atau tujuan tertentu. Bisa untuk kebutuhan yang Anda inginkan, baik itu mengisi email, mendaftar websnar, membeli produk atau lainnya.

Dalam dunia internet marketing, landing page berperan penting untuk memperlihatkan produk yang hendak diedarkan ke pasaran. Jika landing page dikelola dengan baik, pengunjung bukan cuma betah menjelajahi website, tetapi juga membeli beberapa produk secara online di sana.

Salah satu platform yang sering digunakan internet marketer untuk membangun landing page adalah WordPress. Pasalnya, WordPress memberikan kemudahan dalam mengatur plugin dan widget hingga memasukkan konten-konten promosi. Anda bisa dengan mudah menggunakan platform WordPress untuk membuat website atau landing page.

Selain itu, mengembangkan landing page di platform tersebut membawa benefit seperti:

Menghasilan lead potensial

Fitur dan layanan yang terdapat pada landing page WordPress membantu Anda sebagai marketer untuk menargetkan hingga mengarahkan audiensi ke laman yang sesuai kebutuhan mereka. Untuk menjaga dan meningkatkan antusiasme target pasar, pastikan landing page yang Anda rancang memiliki desain yang menarik dan mudah diakses. Beberapa marketer percaya landing page memberikan dampak yang lebih efektif dibandingkan laman yang sesungguhnya. Hasilnya akan lebih maksimal kalau didampingi dengan kemampuan copywriting yang bagus. Anda bisa memberikan informasi yang detail dan rinci mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berikan juga alasan yang kuat mengapa pengunjung harus membeli produk atau jasa Anda. Selain itu Anda juga bisa memberikan teknik copywriting untuk mendesak pengunjung untuk segera melakukan pembelian.

Langsung tertuju kepada produk

Tidak semua pengunjung tertarik membaca keseluruhan konten yang Anda sediakan pada laman homepage atau blog. Akibatnya, pesan dari promosi yang Anda pasang tidak tersampaikan. Hal tersebut tak akan terjadi kalau Anda memanfaatkan landing page, karena pengunjung akan langsung diarahkan ke produk yang bersangkutan. Di sisi lain, karena keterbatasan ruang, landing page harus digunakan seefektif mungkin. Kemaslah produk Anda seakan-akan sangat dibutuhkan audiensi, sehingga mereka mau membeli tanpa paksaan. Berikan keunggulan dan juga kelebihan yang dapat mengundang interest pengunjung terhadap produk Anda. Gunakan kata-kata yang menarik dan mudah dipahami agar pengunjung tidak bosan.

Mudah mendapatkan laporan

Sebagai marketer, Anda pastinya membutuhkan laporan pasti dalam waktu cepat. Dalam hal ini, landing page menawarkan layanan tersebut. Anda akan memperoleh laporan berupa statistik yang mencakup tingkat bouncing, klik, serta informasi seputar perilaku pengguna saat berada pada laman tersebut. Lalu setelah semua data terkumpul, Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan lain. Di antaranya strategi pemasaran selanjutnya, bahan evaluasi, hingga pertimbangan untuk pembuatan produk baru. Jadi, Anda dapat bergerak cepat mengikuti pasar. Anda bisa menggunakan facebook pixel atau google analytic untuk melihat berapa pengunjung yang datang.

Tarif iklan yang lebih murah

Landing page akan memungkinkan iklan yang Anda pasang memakai Adwords atau PPC muncul di peringkat teratas. Mengapa demikian? Ketika Anda memasang iklan di Adwords yang ditargetkan ke landing page, maka tingkat relevansinya ikut naik, sedangkan topiknya menyempit. Semakin tinggi relevansi iklan, maka skor kualitasnya pun akan baik. Hal ini secara tak langsung menghasilkan tarif per klik yang lebih terjangkau. Tentu saja hal ini menguntungkan bagi Anda, karena budget atau anggaran  pemasangan iklan akan berkurang dan dapat dipakai untuk kebutuhan lain. Dengan pemanfaatan yang lebih baik, tentu ini menjadi hal yang menarik, mengingat bisa meminimalisir pengeluaran biaya iklan.

Semoga empat alasan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mempromosikan produk menggunakan landing page di WordPress.

Semoga membantu!

 

Bagikan

Tinggalkan komentar