Kemudahan WordPress vs Blogspot

Mengenai kemudahan dalam menggunakan website, Blogger maupun WordPress memang lebih dikenal sebagai platform blogging yang user-friendly untuk penggunanya. Akan tetapi, jika berbicara soal pembuatan blog dengan mudah dan lebih cepat, blogger adalah pilihan yang tepat dibandingkan dengan wordpress.

WordPress

Sehubungan dengan popularitas platform WordPress yang begitu menggema serta tak kalah unggul dalam hal kemudahan pengguna dalam menggunakan website tersebut, berbagai web hosting ternama memberi tawaran opsi yang lebih mudah untuk menginstall WordPress hanya dalam beberapa klik yang membuat pengguna tak butuh waktu yang lama untuk menunggu agar dapat menggunakan blog. Dibandingkan dengan blogger, WordPress cenderung menawarkan lebih banyak opsi dan fitur yang memberikan keunggulan tersendiri bagi WordPress jika telah berhasil diinstall dan diaktifkan.

Selain itu, menguntungkan bagi pengguna karena kustomisasi situs dan kreativitas dalam proses pembuatan konten tersebut tidak dibatasi. Akan tetapi, jika ingin menggunakan wordpress secara optimal, maka pengguna harus mempelajari dan memahami semua fitur serta opsi pada wordpress dengan membutuhkan waktu  yang terbilang cukup lama. Platform WordPress pada dasarnya sangat intuitif dibandingkan dengan blogger. Disini memang tidak dikatakan bahwa WordPress sulit untuk dioperasikan  pengguna. Hanya saja, jika dalam proses pembuatan blog memang bloggerlah yang lebihn unggul dan lebih mudah digunakan. Pada kesimpulannya, dalam hal kemudahan pengguna dalam menggunakan platform dimenangkan oleh blogger.

Blogger

Blogger dijadikan sebagai tool yang lebih mudah dioperasikan untuk user pemula. Pembuatan blog hanya akan memakan waktu beberapa menit saja. Sebelum mengakses blogger, pengguna harus memiliki akun di google terlebih dahulu. Jika blogger telah berhasil diakses, maka pengguna dapat memilih Create new blog. Bagi pengguna yang belum memiliki domain, maka blogger akan memberi pilihan namabloganda.blogspot.com untuk digunakan sebagai alamat URL pada blog. Lalu, blogger akan langsung memberikan tampilan permintaan untuk pengguna dalam memilih tema dan memasukkan judul untuk blog nya. Pengguna telah dapat memulai menulis konten pertama dengan memanfaatkan tool dan opsi yang telah disediakan pada dashboard apabila semua langkah-langkah tadi telah dilakukan.

Eittss,, tapi tunggu dulu, jika Anda ingin membuat website perusahaan, atau toko oline, tentu menggunakan WordPress akan elbih mudah. Blogger memang sangat dianjurkan untuk Anda yang suka ngeblog, walaupun ngeblog menggunakan WordPress pun sebenarnya bisa. Ada beberapa jenis website yang dapat dibuat di WordPress, antara lain akan dijelaskan dibawah ini:

1. Website Pribadi dan Blog

Jenis website yang pertama adalah blog. Ada dua jenis blog yang dapat dimuat didalam wordpress yakni  WordPress.com dan WordPress.org. Kedua jenis blog diatas tentunya memiliki konsekuensi masing-masing. Untuk pemula yang ingin melakukan percobaan lebih disarankan untuk menggunakan WordPress.com terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dasar. Akan tetapi, WordPress.com memiliki kekurangan yakni tidak dapat digunakan untuk pembuatan toko online. kemudian jika dirasa sudah familiar dan cukup handal mengoperasikan WordPress.com bisa melanjutkan penggunaan blog jenis WordPress.org. Terlebih lagi, pada WordPress.org terdapat lebih banyak fitur-fitur baru dibandingkan dengan blog jenis WordPress.com. Penggunaan WordPress.com lebih disarankan untuk pengguna yang mulai membutuhkan lebihn banyak fitur blog dan telah mengetahui dasar pembuatan blog.

2. Website Perusahaan

Jenis website yang dapat dimuat dalam wordpress selain blog, yakni website perusahaan. Dimana website tersebut diperuntukkan guna membangun kredibilitas suatu perusahaan di dunia maya. Website perusahaan dapat digunakan untuk perusahaan yang menerapkan transaksi secara online ataupun offline.

Menurut pernyataan dari laporan Verisign tingkat kepercayaan konsumen kepada bisnis yang memiliki website khusus cenderung lebih tinggi dibanding dengan bisnis yang hanya memiliki laman media sosial untuk perusahaanya, yakni sebesar 84 persen. Dengan adanya website khusus untuk suatu perusahaan dapat membuat konsumen bisnis lebih percaya kepada perusahaan tersebut jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya meskipun dalam ruang lingkup bisnis yang sama.

3. Website Toko Online

Pada poin pertama, telah disebutkan bahwa website jenis WordPress.com tidak diperuntukkan untuk pembuatan toko online. Solusi dalam pembuatan toko online ialah penggunaan WordPress.org, dimana pengguna dapat memasang plugin  WooCommerce untuk digunakan dalam pembuatan website toko online dengan fitur lengkap, dari display produk hingga fitur pembayaran. Pada laman resminya, WooCommerce mengklaim bahwa 28 persen dari toko online yang tersebar diseluruh dunia dibuat dengan menggunakan WooCommerce. Terlebih lagi, WooCommerce menjadi plugin toko online terpopuler didunia dan saat ini telah diunduh sebanyak 53 juta kali.

Nah itulah bebapa hal yang perlu Anda perhatikan antara blogger dan WordPress. Semoga bermanfaat!

 

Bagikan

Tinggalkan komentar