Apa Itu Hosting : Apa Yang Bisa Dilakukan dengan Hosting?

Zaman semakin berkembang dan terus maju. Banyak hal yang merambah ke era digital dalam segala aspek yang ada. Termasuk salah satunya adalah menggunakan website untuk berbagai keperluan.

Tapi sebelumnya sudah tau belum apa aja yang dipersiapkan untuk membuat website? Sebelum membuat website, kenalan dulu yuk sama yang namanya hosting. Memang, apa itu hosting? Kenapa penting banget harus tahu hosting? Jadi, begini. Membuat website itu sama seperti membuat rumah. Kamu harus cari lahannya, menentukan alamatnya, dan lain-lain. Nah, kalau hosting itu lahan yang akan kamu bangun jadi website nantinya. Jadi, hosting nanti akan menjadi lahan bagi website kamu untuk menyimpan semua data mulai dari foto, tulisan, video, musik, dan semua yang ada di website kamu. Mulai paham kan ?

Apa Itu Hosting?
Hosting adalah tempat untuk menaruh segala data-data yang ada di website kamu. Seperti yang kamu tahu, website bisa berisi macam-macam; gambar, video, tulisan, plugin, script yang rumit, dan sebagainya. Jadi, saat website kamu dibuka oleh orang lain, data-data yang ada di website kamu akan langsung ditampilkan. Disinilah pentingnya memilih hosting untuk kebutuhan website Anda. Kualitas hosting sangat menentukan kecepatan akses website yang Anda buat, lho!

Sepenting apakah hosting? Tanpa hosting, data-data yang ada di website Anda tidak akan bisa ditampilkan sehingga website Anda tidak bisa diakses oleh netizen (pengunjung website). Karena data-data website Anda tidak punya tempat untuk ditaruh.

Apa Yang Bisa Dilakukan dengan Hosting?
Setelah pengertian hosting Anda pahami, sekarang saatnya Anda tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan hosting. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika sudah menyewa layanan hosting :

1. Membuat Website
Ya, tentu saja! Setelah memiliki hosting, Anda dapat membuat website impian Anda sendiri. Website dapat disimpan dan diletakkan dalam server hosting. Kamu bisa membuat website dari nol ataupun membuat website sendiri. Untuk pemula, membuat website sangat disarankan mengguakan CMS WordPress. Kenapa WordPress? Selain gratis, WordPress juga bisa digunakan membuat berbagai jenis website yang Anda inginkan tanpa harus menguasai bahasa pemograman sedikitpun! Seperti website perusahaan, blog, bahkan toko online. Selain hosting, Anda juga perlu domain untuk membuat dan membangu sebuah website. Domain adalah nama dari website Anda seperti webanda(dot)com , atau webanda(dot)id , atau Anda bisa sesuaikan nama domain sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Setelah menyiapkan kedua komponen tersebut, website Anda siap online!

2. Membuat Email Professional
Jika memiliki domain dan hosting, kamu bisa membuat email profesional. Apa itu email profesional? Email profesional adalah email dengan nama perusahaan / nama sendiri. Jadi, buat kamu yang masih menggunakan email dengan akhiran gmail ataupun yahoo, bisa segera buat email dengan domain sendiri. Misalnya support@sluhost(dot)com ataupun support@namadomainsaya(dot)com. Apa keuntungannya? Keuntungannya adalah kamu menjadi lebih profesional dan tidak dianggap sebagai perusahaan abal-abal. Jika Anda masih menggunakan gmail atau yahoo untuk nama email bisnis Anda, tentu bisnis Anda terkesan kurang professional dan meragukan. Email bisnis menjadi hal yang cukup penting dan menjadi bahan pertimbangan bagi pengunjung dan calon customer Anda.

3. Meningkatkan Performa Website
Jika memiliki hosting, kamu dapat meningkatkan performa website. Hoting juga memiliki kualitas dan juga spesifikasi masing-masing. Biasanya semakin mahal, support dan server lebih stabil. Anda bisa memilih berbagai pilihan vvendor hosting yang ada di Indonesia. Dengan hosting yang baik, Anda bisa memiliki website yang baik dan stabil pula.

4. Melindungi Website dengan SSL
Apa itu SSL? Misalnya Anda menggunakan laptop, SLL diperumpamakan adalah antivirusnya. SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer. Menurut Wikipedia, SSL akan melindungi website anda dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat dalam website akan aman dari pencurian orang lain. Ibarat pagar yang mengelilingi rumah, SSL akan melindungi website dari berbagai indikasi pencurian data. Biasanya pada url suatu website yang memiliki sertifikat SSL akan bertransformasi menjadi HTTPS bukan lagi HTTP. Nah, website harus dilindungi agar terhindar dari beberapa malware, virus, indikasi spam dan serangan DDOS. Untuk itu, dengan hosting kamu bisa melakukan instalasi SSL di Hosting.

Kesimpulan
Nah, itu tadi pengertian dari apa itu hosting. Tidak rumit kan? Banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan dengan hosting, Anda bisa sesuaikan kebutuhan Anda. Jika keberatan dan asih keingungan, Anda bisa menghubungi dan konsultasi masalah Anda bersama sluhost.com

Jadi, mau bikin website kapan?

Tinggalkan komentar