5 Langkah Mudah Dalam Membuat Landing Page

Zaman sudah berkembang cepat. Mau tidak mau adaptasi perlu dilakukan untuk menampung kondisi zaman yang semakin berkembang. Ya, sekarang adalah era digital, dimana orang lebih banyak melaukan aktivitasnya secara online, karena dianggap lebih prakts, lebih cepat, dan simpel.

Salah satu wadah digital yang digunakan untuk menampilkan profil perusahaan, dan meningkatkan kesan profesional adalah dengan menggunakan website. Website dianggap perlu dan penting karena dapat menampilkan profil perusahaan maupun bisnis Anda secara lengkap mengenai apa saja yang dikerjaan serta memberikan info-info terbaru secara cepat. Bukan hanya itu, menggunakan website memungkinakan pengunjung mengakses kapanpun dan dimanapun.

Website vs Landing Page 

Website dan landing page, memiliki fungsi spesifik yang cukup bebeda. Umunya website menampilkan informasinya berupa informasi secara luas mengenai alamat, info terbaru, atau informasi lainnya menjadi satu wadah. Sedangkan landing page adalah sebuah halaman website yang sangat sederhana dan biasanya hanya terdiri dari 1 halaman saja, meskipun tidak selamanya demikian. Landing page biasanya digunakan untuk memberikan ulasan singkat suatu produk dan kemudian mengarahkan pengunjung ke sebuah sales page atau link affiliasi produk tersebut. Landing page juga biasanya digunakan untuk menangkap data pengunjung minimal seperti nama dan email untuk disimpan ke dalam daftar mailling list. Fungsi landing page sendiri lebih spesifik, karena biasanya dalam landing page, difokuskan untuk penawaran produk, maupun jasa.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun website landing page, misalnya dengan cara :

  1. Menggunakan aplikasi website (seperti WordPress.org, Blogger.com) yang diatur sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi sebuah landing page.
  2. Membuat situs landing page memakai software HTML editor.
  3. Membangun landing page memakai fitur aplikasi yang ada di Facebook.

Berikut 5 Langkah membuat landing page :

Langkah 1 :  Mengatur web hosting

Dalam rangka untuk membuat landing page, Anda harus memiliki layanan web hosting yaitu server yang akan menyimpan semua data website anda dan agar halaman anda dapat diakses ke internet. Layanan web hosting berlimpah, dan Anda dapat dengan mudah membuat kontrak sederhana dengan salah satu perusahaan untuk mendapatkan ruang onlinea Anda sendiri untuk menyajikan landing page dan aspek lain dari website Anda. Singatnya, hosting memiliki peran yang cukup penting untuk menunjang kecepatan website Anda. Pertimbangkan speed hosting sebelum menyewa layanan hosting milik Anda.

Langkah 2 : Memperoleh nama domain

Nama domain akan dipakai sebagai alamat website landing page anda. Nama domain juga merupakan bagian penting dari sebuah proyek website. Nama domain adalah nama URL atau alamat website anda, dan memilih yang tepat adalah penting. Nama domain Anda bisa disesuaikan dengan brand Anda. Domain bermacam-macam sekali, biasnayny ayang paling populer adalah domain .com, selain itu banyak nma domain lain seperti .org .id. .co.id .xys dan lainnya.

Langkah 3 : Gunakan tools web design

Mulai membangun halaman Anda, menambahkan teks, gambar dan apa pun yang Anda butuhkan untuk membuat  landing page Anda.

  • Anda bisa meminta jasa desainer grafis untuk membuat website Anda menarik secara visual. Jika anda ingin melakukannya sendiri, gunakan grafis kontras tinggi warna dan teks, serta font bergaya, dapat membantu anda membuat halaman lebih menarik dan menarik lebih banyak pengunjung.
  • Optimalkan konten website Anda dan optimalkan dengan SEO untuk kata kunci tertentu, tetapi pastikan bahwa konten anda benar-bernar berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung.
  • Templete website. Untuk template ini tidak mutlak, akan tetapi dengan adanya template website yang sudah jadi, pekerjaan Anda akan terasa lebih mudah. Jadi Anda tinggal mengedit tampilan template yang sudah jadi sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Langkah 4 : Autoresponder

Autoresponder merupakan alat pendukung yang berfungsi sebagai penangkap data target market Anda, selain itu autoresponder juga anda perlukan untuk melakukan follow up (tindak lanjut) terhadap mereka. Ini adalah cara untuk menggunakan informasi yang dihimpun dari pengunjung website Anda untuk keuntungan Anda. Anda bisa memancing pengunjung website untuk memberikan naam email mereka agar Anda bisa menghubungi mereka maupun memberikan penawaran terhadap produk Anda.

Langkah 5 : Link media sosial

Pikirkan tentang menggunakan link media sosial di landing page Anda. Salah satu cara terbaik untuk menjangkau pengunjung adalah melalui situs media sosial. Buatlah link media sosial dalam landing page Anda. Ini memugnkinkan pengunjung website untuk mengakses media sosial bisnis atau website Anda. Manfaatkan traffic yang masuk untuk mendapatkan traffic dalam sosidal media Anda.

Tinggalkan komentar