Pengertian, Fungsi, dan Jenis WordPress : Pemula

Kebutuhan website dizaman digital sudah semakin banyak. Website menjadi komponen penting dalam setiap aktiitas digital di era sekarang. Tapi banyak juga yang ingin membuat website sendiri, dan tidak paham bahasa pemograman sama sekali. Alternatif terbaiknya adalah mengunakan WordPress untuk membuat website. Dengan WordPress orang awam sekalipun bisa membuat website sendiri.

Sebagai pemula dan belu pernah sama sekali terjun ke dalam dunia website, Anda wajib tahu dan mencoba membangun sebuah website dengan WordPress. Berbagai kemudahan akan Anda dapatkan dengan menggunakan WordPress, selain itu menggunakan juga gratis, lho! Penasaran dengan WordPress? Simak sampai selesai ya …

Pengertian & Sejarah WordPress
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL, dimana kedua bahasa program tersebut merupakan jenis perangkat lunak sumber terbuka (open source software).
WordPress juga merupakan suatu blog tool yang dirancang untuk memudahkan pembuatan dan pemeliharaan blog seperti penulisan, pengeditan, pempublikasian posting blog dan komentar dengan fungsi khusus untuk memanajemen gambar, video, sindikasi web, serta moderasi posting dan komentar. Dikenalkan pada awal tahun 2003, WordPress termasuk pilihan platform yang cukup lengkap untuk pengembangan sebuah web.

WordPress adalah sebuah platform yang dapat membantu Anda membuat website dengan cepat, mudah dan gratis. Memang pada awalnya platform WordPress diciptakan sebagai platform blogging yang kemudian berkembang menjadi platform andal untuk membuat berbagai jenis website. Mulai dari website company profile, website portofolio, toko online, dan lainnya.

Sampai saat ini, lebih dari 35% website di seluruh dunia menggunakan WordPress, dan akan terus bertambah. Kepopuleran ini tentu karena berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh WordPress. Selain itu, WordPress juga menawarkan banyak manfaat sebagai sebuah Content Management System.

Jenis WordPress
Jangan salah pilih. Ada dua jenis WordPress untuk membuat website. Tak lengkap belajar WordPress tanpa mengetahui perbedaannya.

Pertama, WordPress.com atau sering disebut hosted WordPress. WordPress.com adalah situs yang menyediakan layanan untuk membuat website dengan hosting dan domain yang sudah disediakan. Artinya Anda tidak bisa leluasa membangun website impian Anda, karena hosting dan domain masih terikat oleh WordPress sendiri. Istilahnya, WordPress.com adalah versi LITE atau gratisan seperti blogger yang pastinya memiliki keterbatasan. Anda tidak bisa bebas menggunakan semua fitur jika masih menggunakan WordPress.com. Seperti contoh, Anda hanya bisa memakai nama domain www.bloganda.wordpress.com. Dengan nama domain yang seperti itu, tentu akan sangat mengganggu branding maupun professionalitas dari bisnis Anda.

Kedua, WordPress.org yang lebih dikenal dengan self-hosted WordPress. Anda perlu menyediakan hosting dan domain untuk membuat website sendiri. Software-nya bisa Anda download gratis dan merupakan pilihan terbaik jika ingin mengelola dengan leluasa. Jadi jika Anda sudah memiliki hosting dan domain sendiri, Anda bisa mulai mendownload WordPress secara gratis. Dengan WordPress Anda bisa membuat blog, website profil perusahaan, website toko online, dan lainnya.

Mengapa WordPress?
Saat belajar WordPress, Anda harus mengetahui secara jelas alasan menggunakan platform ini. Alasan utamanya tentu karena WordPress adalah platform CMS terbaik untuk mengelola website tanpa kemampuan coding sama sekali. Anda tak perlu belajar bahasa pemograman seperti HTML, Java, CSS, atau yang lainnya sama sekali. Anda bisa mengonlinekan dan menerbitkan website Anda sendiri tanpa harus menjadi mahasiswa teknik informatika. Namun, kelebihan WordPress bukan hanya pada kemudahan penggunaannya saja. Banyak keunggulan WordPress dibandingkan CMS lain terutama dalam hal kustomisasi untuk membuat website Anda tampil beda dari kompetitor. Kemudahan menggunakan tema, mengelola, dan lainnya. Banyak sekali pilihan tema WordPress yang bisa Anda pilih dan edit dengan mudah. Asik kan ?

Keuntungan Menggunakan WordPress
Keuntungan menggunakan WordPress sebagai platform CMS (Content Management System) dalam membuat dan membangun sebuah website atau blog, diantaranya;

1. Sangat Fleksibel
Dari sisi pengembangan, WordPress merupakan platform CMS yang sangat mudah untuk dikostumisasi, baik dari segi tampilan (theme), ataupun dari segi plugin. WordPress terus mengalami kemajuan hingga saat ini WordPress dapat digunakan untuk keperluan apapun. CMS ini sangat cocok untuk berbagai keperluan, mulai dari website/blog pribadi, profil perusahaan, portfolio, toko online, kumpulan resep masakan, forum, social media, dll.

2. Pengelolaan Mudah
Salah satu keluhan dari para pembuat website adalah tidak mengertinya kode HTML untuk melakukan kustomisasi websitenya. Di WordPress, sudah terdapat fitur “interface” yang memudahkan pengaturan posting dan tata letak komponen websitenya. Ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan WordPress untuk website Anda, terutama untuk orang awam yang tidak begitu memahami bahasa pemograman. Anda tinggal fokus ke konten dan artikel yang akan Anda buat, tanpa pusing memikirkan bahasa pemograman.

3. Tersedia Banyak Plugin
Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, antivirus, SEO, montoring web, galerry, sosial media share, dan lain sebagainya. WordPress sangat memperhatikan mengenai plugin sehingga plugin yang tersedia di WordPress sangat banyak dan selalu berkembang. Banyak plugin dengan berbagai fitur yang dapat Anda download gratis untk kebutuhan website Anda.

4. Dapat Mengelola Tingkat Akses Pengguna
Platform WordPress menyediakan 5 pilihan peran pengguna seperti admin, editor, penulis, kontributor, dan pelanggan. Kelima pilihan peran pengguna ini sangat baik digunakan pada sebuah website perusahaan yang memiliki beberapa orang untuk pengelolaannya. Mengurangi resiko keamanan website Anda dengan pengaturan akses ini merupakan keuntungan menggunakan WordPress untuk website Anda.

5. Mudah Digunakan
Menggunakan CMS ini sangat mudah, menu-menu yang ada cukup intuitif. Namun bila Anda menemui kesulitan dalam menggunakannya, jangan khawatir. Karena kepopuleran CMS ini, banyak sekali artikel yang ditulis mengenai cara menggunakannya. Forum-forum khusus WordPress juga dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Anda dapat bertanya melalui support forum WordPress di wordpress.org/support atau wordpress.stackexchange.com. Di Indonesia, salah satu forum WordPress yang terkenal adalah Forum WordPress Indonesia. Dengan banyaknya pengguna, Anda tentu tak perlu khawatir jika kesulitan dalam menggunakan platform WordPress, karena banyak teman seperjuangan yang bisa ditanya jika ada kesulitan.

Nah, itulah panduan WordPress untuk pemula yang wajib Anda ketahui jika ingin menggunakan WordPress dalam membuat sebuah website atau blog. Jika Anda pemula, Anda wajib mencoba WordPress dalam membuat website sendiri dirumah.

Semoga bermanfaat! Share jika bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar