Anatomi Landing Page

Bukan hal yang asing lagi, landing page adalah hal yang sangat penting untuk menunjang bisnis di era digital. Sangat dsayangkan beberapa dari kita masih bingung membuat landing page untuk kebutuhan bisnis. Pada dasarnya, website dan landing page memiliki perbedaan yang cukup jauh. Dimana fungsi keduanya memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak di fungsi spesifiknya. Biasanya website memiliki fungsi yang melebar dan informasi yang luas, mencakup profil perusahaan, kontak, tentang perusahaan, dan informasi lainnya. Sedangkan landiing page memiliki fungsi yang sangat spesifik. landing page dibuat untuk tujuan tertentu. Bisanya landing page dapat berupa halaman penawaran suatu produk, atau pendaftaran event yang mana hanya memuat satu penawaran spesifik.

Menampilkan desain yang baik saja bukan jaminan jika Anda ingin website anda ramai pengunjung, Anda harus mengetahui lebih dari sekedar desain yang baik untuk melihatkan landing page yang menarik. Anda harus tahu anatomi landing page yang ideal itu seperti apa agar bisa menghasilkan konversi yang tinggi.

Landing page bukan sekedar kumpulan tulisan dan gambar yang disusun sedemikan rupa. Tetapi landing page adalah sebuah halaman yang akan menentukan masa depan bisnis Anda. Karena dengan membuat landing page ada satu tujuan, yaitu menghasilkan konversi. Entah itu berupa email subscription ataupun pembelian.

Berikut adalah anatomi landing page beserta penjelasannya :

1. Headline

Headline adalah serangkaian kata yang mampu menarik perhatian seseorang serta mampu memawakili seluruh isi konten. Sehingga di dalam landing page, peran headline sangatlah penting. Syarat headline di dalam landing page ada dua, yaitu ringkas dan jelas. Tidak bertele-tele, sehingga orang yang membacanya langsung mengerti apa yang dimaksud dan langsung action untuk menanggapi apa yang Anda tawarkan di landing page. Gunakan headline yang simpel dan mudah diingat.

2. Gambar / video

Objek visual seperti gambar atau foto dan video wajib kamu kreasikan di landing page Anda untuk mendapatkan konversi yang tinggi. Gambar atau video memberikan daya tarik tersendiri, dimana pengunjung Anda tidak akan bosan jika Anda menggunakan gambar atau video. Gunakan gamabr yang sesuai dengan penawaran atau produk yang Anda tawarkan.

3. Manfaat

Penjelasan manfaat tentang sebuah penawaran atau produk yang ada di website Anda dapat membantu meyakinkan calon pelanggan, maka buatlah penjelasan manfaat dengan sederhana saja. Yakinkan pengunjung untuk tau manfaat apa saja yang didapat jika membeli produk Anda.

4. Call-to-action (CTA)

Tombol call-to-action adalah sebuah perintah untuk pengunjung landing page yang terhubung ke halaman selanjutnya jika kita mengklik CTA tersebut. Penggunaan CTA yang tepat (secara desain) akan mempermudah calon pelanggan untuk membuat keputusan yang nantinya akan membeli produk anda.

5. Page fold / Halaman lipat / Batas layar monitor

Page fold adalah pembatas landing page anda dilayar monitor sebelum di scroll. Page fold ada dua jenis yaitu, above the fold dan below the fold. Page fold menjadi penting dalam landing page karena sebagian besar orang-orang menghabiskan banyak waktu di above the fold dan below the fold, maka dari itu alangkah baiknya bila area above the fold ini di isi dengan sesuatu yang langsung mendatangkan konversi seperti headline dan CTA.

6. Deskripsi

Pengunjung akan kebingungan terkait produk atau penawaran yang diberikan bila tidak terdapat deskripsi yang detail namun ringkas. Biasanya deskripsi yang bagus berisi mengenai kelebihan produk/penawaran, kekurangan perbandingan dengan produk milik platform lain.

7. Testimoni

Untuk penempatan testimoni di landing page sebaiknya menggunakan gambar/ foto orang yang memberikan testimoni. Dan yang paling penting, jangan merekayasa testimoni. Karena ini akan fatal akibatnya, yaitu membohongi public.

Nah itulah anatomi landing page yang bisa Anda gunakan untuk membuat landing page Anda lebih menjual dan meningkatkan tingkat konversi. Jangan lupa encantmkan ke 7 poin diatas untuk mendapatkan hasil yang maksmal dalam penjualan Anda.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

Bagikan

Tinggalkan komentar